Monday, February 7, 2011

Makanan yang Mengandung Kolagen


Makanan yang Mengandung Kolagen
Buah yang Mengandung Kolagen
Buah dan Makanan yang mengandung kolagen terbaik untuk kulit - Collagen / Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia dan keberadaannya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Kolagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.
Ketika produksi Collagen / kolagen mulai menurun maka timbul penuaan, muncul garis garis halus dan kerutan. Karena kolagen sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel kulit baru dan roses penurunan produksi kolagen biasanya terjadi di atas usia 20 tahun
Pada umumnya wanita menggunakan krim yang mengandung kolagen sebagai perawatan luar untuk kulitnya, tetapi pada kenyataannya kurang memberi manfaat untuk kulit, karena molekul kolagen yang terlalu besar sulit masuk ke dalam lapisan kulit. Perawatan kulit dari dalam ternyata lebih efektif dibanding perawatan dari luar, dengan mengonsumsi makanan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.
Berikut adalah contoh makanan Makanan dan buah yang Mengandung Kolagen
Buah Strawberry
Kandungan vitamin C dalam stroberi memiliki peran penting untuk mengurangi efek penuaan seperti keriput dan kulit kering kasar. Penelitian mengungkap bahwa vitamin C bermanfaat menangkal radikal bebas dan merangsang pembentukan kolagen sehingga memunculkan efek yang menghaluskan kulit. Stroberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi serat elastis, yang bertugas menjaga struktur kulit tetap utuh, menjaga kekencangan serta melawan enzim perusak kulit.
Bawang putih
Bawang putih mengandung belerang yang membantu tubuh Anda memproduksi kolagen. Kandungan lainnya yaitu asam taurine dan lipoid bekerja untuk memperbaiki serat kolagen.
Buah Tomat
Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan tinggi untuk menghambat enzim kolagenase / enzim yang merusak ikatan peptida pada kolagen
Ikan
Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 seperti tuna, salmon, sarden dan ikan trout dapat membantu menjaga kulit tetap sehat bercahaya. Kandungan Asam lemak omega 3 EPA (asam eicosapentaenoic) berperan dalam membentuk kolagen.
Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.