Saturday, February 26, 2011

Proses Melahirkan


Proses Melahirkan
Persiapan melahirkan
Proses Melahirkan normal adalah dimana Proses melahirkan bayi yang akan terjadi ketika usia kandungan sudah mencapai umur kurang lebih 9 bulan 10 hari. Proses Melahirkan atau persalinan ini berarti dilakukan tanpa melalui operasi yang kita kenal dengan istilah medis proses melahirkan caesar.
Pada kelahiran normal, bayi akan keluar berdasarkan tanggal yang sudah diperhitungkan sejak awal kehamilan. Kita tahu bahwa kelahiran normal biasanya diartikan sebagai kelahiran spontan dimana bayi keluar melewati liang vgina.
Mungkin Ada beberapa proses dalam persalinan yang harus dilalui para ibu. Dalam proses persalinan normal seringkali dokter atau suster mengatakan “pembukaan 8, pembukaan 10”. Tetapi tidak semua orang benar benar memahami istilah kata pembukaan dalam proses persalinan ini.
Proses Melahirkan Normal dan Fasenya, Secara umum proses melahirkan normal terdiri dari tiga fase yaitu
  • fase kontraksi
  • fase pembukaan Mulut Rahim
  • fase pengeluaran bayi
Setelah kontraksi yang terjadi adalah Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit akan melunak dan terbuka semakin lebar. Mulut rahim akan terlihat semakin datar kemudian menyatu pada rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi
Proses Melahirkan Normal dan Pembukaan Mulut Rahim
Proses melahirkan normal selalu diiringi dengan proses Pembukaan mulut rahim yang dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Maka saat dokter berkata pembukaan 8 itu berarti mulut rahim anda terbuka sebesar 8cm. Dan itu berarti jalan lahir anak anda adalah sepanjang 8 cm. Dan pembukaan dikatakan lengkap ketika sudah mencapai 10 cm. Bila sudah mencapai pembukaan 10cm berarti mulut rahim sudah menyatu pada rahim bagian bawah.
Pada tahap ini bayi sudah memiliki jalan yang cukup untuk keluar dari mulut rahim ke liang vagina. Maka dikatakan pembukaan lengkap atau juga pembukaan sempurna. Lama waktu pembukaan awal sampai dengan pembukaan sempurna amat bervariasi. Biasanya untuk kelahiran yang pertama kali lebih lama dibanding mereka dengan kelahiran yang kedua kali dan bukan yang pertama kali. Setelah tahap ini maka siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi. Itulah yang dimaksud pembukaan pada proses melahirkan normal.
Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.
manfaat.org