Saturday, February 26, 2011

Khasiat Daun Putri Malu


Khasiat Daun Putri Malu
Manfaat Daun Putri Malu
Khasiat Daun Putri Malu atau disebut dengan Mimosa pudica Linn, Banyak sekali kandungan daun putri malu dan Manfaat Daun Putri Malu untuk Luka, radang kulit bemanah (piodermi), dll. Khasiat tanaman putri malu untuk herpes yaitu memilih daun putri malu yang segar dilumatkan dan ditempelkan di luka yang sakit.
Khasiat Daun Putri Malu untuk Insomnia
Sebanyak 30-60 gram daun putri malu direbus lalu airnya diminum.
Bisa juga dengan mencampur 15 gram daun putri malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus. Airnya kemudian diminum.
Khasiat Daun Putri Malu untuk Chronic bronchitis
Sebanyak 60 gram akar putri malu dicampur 600 cc air, lalu direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.
Mimosa pudica 30 gram, Akar peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.
Khasiat Daun Putri Malu untuk Batuk dengan dahak
Akar putri malu sebanyak 10-15 gram direbus lalu airnya diminum.
Khasiat Daun Putri Malu untuk Ascariasis
Daun Putri Malu 15 – 30 gram direbus, lalu airnya diminum.
Khasiat Daun Putri Malu untuk Rheumatik
15 gram akar Putri Malu direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.
Manfaat Daun Putri Malu yang lainnya
Khasiat daun putri malu untuk mengatasi penyakit malaria. Akar dan bijinya berkhasiat untuk merangsang muntah. Radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak, dan herpes.
Hanya saja pemakaian akar putri malu dalam dosis yang tinggi bisa mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah. Wanita hamil juga dilarang minum ramuan tersebut karena bisa membahayakan janin.
Kandungan Daun Putri Malu adalah Mimosine
Sifat kimiawi dan efek farmakologis adalah Manis, astringen, agak dingin. Penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitusive), penurun panas (antipiretic), anti radang (anti-inflammatory), peluruh air seni (diuretic).
Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.
manfaat.org