Thursday, February 17, 2011

Foto Balap Sapi di Sumbar, Jurnalis Malaysia Menang Award

Foto balap sapi karya Chen Wei Seng menang penghargaan World Photo Contest


Tahukah Anda Seorang fotografer asal Malaysia, Chen Wei Seng, berhasil menjadi juara satu lomba World Press Photo Contest 2013 dengan foto balap sapi yang diambilnya di Sumatra Barat. Untuk kemenangannya, dia menggondol hadiah senilai hampir Rp20 juta.
Foto ini memenangkan Kategori Aksi Olahraga Tunggal dan berhak atas uang hadiah sebesar 1,500 euro atau sekitar Rp19,3 juta. Foto Chen dan foto-foto pemenang lainnya dari berbagai kategori akan dipamerkan di lebih dari 100 kota di 45 negara, dimulai di Amsterdam pada 26 April mendatang.

Dalam keterangan foto di situs World Press Photo yang juga dilansir Reuters, tertulis bahwa foto Chen tersebut diambil di Batu Sangkar, Sumbar, pada 12 Februari 2012. Dalam foto itu, tergambarkan kelegaan joki setelah memenangkan balap sapi atau yang dalam bahasa setempat disebut Pacu Jawi.

"Pacu Jawi adalah kompetisi paling populer di musim panen yang dilombakan antar kampung," tulis keterangan dalam foto.

Penghargaan World Press Photo of the Year dimenangkan oleh Paul Hansen asal Swedia. Fotonya menggambarkan kepedihan warga di Gaza yang menggendong dua mayat bocah yang telah dikafani untuk dimakamkan. 

Foto ini diambil pada 20 November tahun lalu saat Gaza digempur Israel. Hansen  mendapat hadiah 10.000 euro atau sekitar Rp128 juta.

World Press Photo Contest telah berlangsung selama 55 tahun. Tujuan kontes ini adalah menampilkan standar tertinggi dalam dunia pewarta foto. Kontes tahun ini diikuti oleh 5.666 fotografer dari 124 negara dengan 103.481 foto.