Wednesday, February 9, 2011

Macam Macam Vitamin


Macam Macam Vitamin
Macam Macam Vitamin
Macam macam vitamin yang terdapat di bumi ini sangat banyak dan tubuh kita juga memerlukan macam macam vitamin tersebut. Kadangkala tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah yang sedikit, namun tidak jarang pula tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah banyak, seperti vitamin C untuk mengobati flu, dll.
Dalam artikel kali ini, kita tidak akan membahas tentang manfaat salah satu vitamin tertentu. Namun kali ini kita akan membahas tentang macam macam vitamin dan keterangan singkatnya secara garis besar. Macam-macam vitamin tersebut adalah:
1. Vitamin A: Vitmain ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat kita peroleh dari buah-buahan berwarna merah dan kuning, misal: wortel, cabe, pisang, pepaya, dll.
2. Vitamin B1: Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kita. Anda dapat memperoleh vitamin B1 dari makanan: gandum, kacang hijau, daging, beras, ragi, dsb.
3. Vitamin B2: Vitamin ini bermanfaat untuk mencegah sariawan, bibir pecah-pecah, mulut kering, dll. Vitamin B2 banyak terdapat pada sayuran segar, susu, kuning telur, kacang kedelai, dll.
4. Vitamin B3: Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan, mencegah insomnia, mual-mual, muntah, dll. Sumber makakan yang mengandung vitamin B3 antara lain adalah: buah-buahan, ikan, kentang, gandum, dll.
5. Vitamin C : Vitamin ini sangat penting bagi tubuh kita untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti flu, dll. Kita dapat memperoleh vitamin C dari jeruk, tomat, nanas, jambu, sayuran, dll.
6. Vitamin D: Vitamin ini dapat menghindarkan kita dari kerusakan gigi, kejang otot, dan berbagai penyakit tulang. Kita dapat memperoleh vitamin D dari: susu, telur, minyak ikan, keju, dll.
7. Vitamin E: Vitamin E sangat penting untuk mencegah kemandulan pada pria dan wanita, mencegah gangguan syaraf dan otot, dll. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain: kuning telur, ayam, ikan, kecambah, dll.
Macam macam vitamin diatas sangat penting untuk kita mengerti agar tubuh kita tidak kekurangan salah satu atau beberapa vitamin penting. Karena, kekurangan vitamin dapat menyebabkan terganggunya proses metabolism dalam tubuh, munculnya berbagai penyakit, hingga kecacatan.
Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.
(manfaat.org)