Wednesday, February 2, 2011

Ilmuwan dan Ksatria Fenomenal di Abad XVI (5-habis)


Ilmuwan dan Ksatria Fenomenal di Abad XVI (1)





Ilustrasi


Buku matematika pertama yang ditulis Matraki berjudul “Jamal Al-Kuttab wa Kamal Al-Hussab”.

Kitab yang disusun pada tahun 1517 M itu secara khusus didedikasikan Matraki untuk Sultan Selim I (1512 M - 1520 M).

Sedangkan, buku kedua yang bertajuk “Umdat al-Hussab fi’l-furuz Al-mukaddar bi’l-kulliyat” diselesaikan Matraki pada tahun 1533 M.

Geografi Deskriptif di Era Kekhalifahan Utsmani
Matraki merupakan seorang yang sangat penting dalam bidang geografi deskriptif. Buku pertamanya yang paling bernilai dalam bidang itu berjudul “Bayen-i Manezil-i Safar Iraqayn” yang berisi penjelasan tempat-tempat yang disinggahi dalam dua ekspedisi ke Irak.

Dia juga membuat miniatur yang menggambarkan jalan yang menghubungkan Istanbul-Tabriz-Baghdad. Miniatur yang diciptakannya itu mirip sebuah peta.

Karya-karya Matraki selalu menjadi rujukan bagi siapa pun yang ingin mempelajari Turki Utsmani, terutama Istanbul pada abad ke-16 M. Selama berabad-abad, lukisan hasil goresan tangan Matraki tentang ibukota Turki itu tetap dijadikan acuan.

Matraki pun sukses membuat peta. Uniknya peta yang diciptakan Matraki disertai dengan miniatur-miniatur sehingga sangat bernilai dari perspektif geografi.

Dalam “Ta’rikh-i Feth-i Shiklos wa Estergon wa Istolnibelgrad”, Matraki menggambarkan tempat penginapan yang ada di antara Istanbul dan Budapest. Dalam kitab itu juga dia menjelaskan kota-kota yang dilaluinya seperti Nice, Toulon, dan Marseilles.


Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Heri Ruslan