Saturday, February 12, 2011

Duduk Membungkuk Bisa Bikin Mood Jelek


http://asalasah.blogspot.com/2012/11/duduk-membungkuk-bisa-bikin-mood-jelek.html

 Tahukah Anda posisi duduk ternyata mempengaruhi suasana hati seseorang. Duduk dengan posisi membungkuk bisa menyebabkan seseorang merasa depresi dan juga mengurangi tingkat energi.

Peneliti merekrut 110 orang, setengahnya diminta berjalan menyusuri lorong dengan posisi membungkuk, dan setengah lainnya yang dilewati peserta lainnya. Peserta juga mengisi kuesioner untuk menilai rata-rata depresi dan tingkat energi sebelum dan sesudah percobaan. Kedua kelompok kemudian beralih tugas.

Hasilnya, peserta membungkuk mengalami penurunan energi dan meningkatkan depresi, perasaan negatif. Sementara yang tidak membungkuk dilaporkan energinya meningkat dan postur tubuh mereka diklaim bisa membangkitkan rasa bahagia, dan lebih banyak ingatan yang positif.

"Kami selalu menganggap bahwa depresi disebabkan oleh biokimia, tapi kondisi ini juga bisa dari berbagai aspek kehidupan Anda, termasuk postur tubuh Anda dan cara Anda membawa diri," kata penulis studi Erik Peper, Ph.D., seorang profesor pendidikan kesehatan di San Francisco State University seperti dikutipMenshealth, Rabu (14/11/2012). 

Menurut peneliti, mengubah cara duduk tidak akan berbuat banyak jika Anda memiliki depresi klinis. Tapi penelitian menunjukkan, perubahan kecil dalam rutinitas bisa mengarahkan seseorang menjadi mood.

"Pikirkan tentang bagaimana budaya kita bergeser selama 100 tahun terakhir"."Anda bekerja sepanjang hari, pulang ke rumah, makan, menonton televisi".

Peper mengingatkan, jika seseorang dapat melakukan perubahan sedikit pun dalam bersikap, maka orang itu akan menciptakan keajaiban untuk energi dan suasana hatinya.

Sementara itu, seorang profesor ergonomics di Universitas Cornell, Alan Hedge, mengingatkan, mencoba duduk tegak sempurna sepanjang hari tidak praktis dan hanya akan membuat lelah. Namun ada cara agar semuanya nyaman, yakni dengan aturan 20-20. Setiap 20 menit, berdiri selama 20 menit dan regangkan atau bergoyang.

Dan Edge mengatakan akan lebih baik lagi jika mengurangi duduk sepanjang hari dan menemukan cara agar bisa bergerak. "Hanya 20 detik dari layar komputer Anda bisa mengurangi kelelahan dan meningkatkan sirkulasi darah," ujarnya.(MEL)


Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.