Wednesday, February 2, 2011

Berapa Usia Sayidah Fathimah saat Menikah dengan Imam Ali?

Salam wa rahmah. Rabu (29 Agustus 2012) siang saat kegiatan keagamaan di kelas, saya ditanya oleh murid-murid SMP Bahtera Muthahhari Bandung tentang putri Nabi Muhammad saw.

Pertama, kenapa hanya Khadijah yang melahirkan anak-anak Nabi Muhammad saw? Kedua, saat usia berapa Sayidah Fathimah binti Muhammad saw menikah dengan Imam Ali bin Abi Thalib? Ketiga, berapa tahun Imam Ali menikahi Sayidah Fathimah? Dan yang keempat, berapa usia Sayidah Fathimah saat melahirkan Imam Hasan?

Mendengar pertanyaan tersebut saya sedikit kaget karena sebelumnya belum pernah terpikirkan dalam benak saya. Kemudian saya sampaikan bahwa pertanyaan tersebut detailanya harus dilihat langsung ke buku-buku sejarah. Jadi, tidak langsung saya jawab. Saya tangguhkan saja dan biarkan mereka mencari sendiri.

Jawaban yang pertama, setelah dibaca-baca, ternyata dalam sejarah, tidak hanya Khadijah yang melahirkan anak dari Rasulullah saw. Maryam Al-Qibtiyah juga melahirkan Sayid Ibrahim yang wafat saat kecil. Buah perkawinan Rasulullah saw dengan Khadijah yang hidup dan terus melahirkan keturunan hanya Sayidah Fathimah. Putra Nabi seperti Sayid Qasim dan Sayid Abdullah wafat saat kecil. Dari garis Sayidah Fathimah, Rasulullah saw memiliki keturunan, termasuk para Imam Syiah berasal darinya.

Kedua, dalam kajian sejarah terjadi perbedaan pendapat. Ada yang berpendapat pada usia 10 atau 11 tahun (kalau menghitung lahirnya dari tahun 5 kenabian; sekira 615 Masehi). Juga ada yang menyatakan usia 14 tahun (kalau menghitung lahirnya dari tahun 2 kenabian; sekira 612 Masehi). Sejarah menyebutkan tahun nikah Sayidah Fathimah dengan Imam Ali berlangsung di Madinah pada tahun 2 hijrah (sekira 625 Masehi karena hijrah Nabi terjadi pada 623 Masehi). Kabarnya, sahabat Abu Bakar, Umar, dan Utsman melamar Sayidah Fathimah. Namun ditolak.

Ketiga, Imam Ali menikah (dengan Sayidah Fathimah) saat berusia 25 tahun. Hitungan saya adalah berdasarkan pada lahir Imam Ali bertepatan pada 13 Rajab 10 tahun sebelum bitsah atau kenabian (sekira 600 Masehi) dan bitsah terjadi pada 610 Masehi serta hijrah jatuh pada tahun 623 Masehi. Ketika bitsah, usia Imam Ali sekira 10 tahun dan ketika hijrah ke Madinah berusia 23 tahun. Kalau disebutkan bahwa pernikahan Imam Ali dan Sayidah Fathimah terjadi pada tahun 2 hijrah (625 Masehi) maka usia Imam Ali saat menikah adalah 25 tahun. Usia yang sama ketika Nabi Muhammad saw menikah dengan Khadijah.

Keempat, saat Sayidah Fathimah berusia 12 tahun atau 14 tahun Imam Hasan lahir, yaitu 15 Ramadhan tahun 3 hijrah (sekira 626 Masehi).

Nah… demikian jawabannya. Mengurai tentang usia tokoh sejarah cukup berat dan susah. Apalagi dalam Islam kalender hijriyah ditentukan setelah hijrah Nabi oleh Umar bin Khaththab saat berkuasa. Sedangkan hitungan lahir atau usia sebelum hijrah, biasanya para sejarawan menggunakan kalender Masehi. Jadi, di sini juga ada persoalan saat hitung-hitung. Harus konversi. Saya sendiri tidak mengerti. Jadi, yang ditulis di atas berdasarkan perkiraan saya. Mohoan maaf kalau ada yang tidak berkenan. Karena itu, bagi yang punya pendapat lain atau rujukan yang kuat dari segi ilmu hadis atau astronomi, silakan berbagi. Insya Allah saya baca dan kaji kembali. Maklum saya hanya mengandalkan data bacaan buku-buku terjemahan. Hatur nuhun.

Wassalam. [ahmad sahidin, pembaca buku]